« »
« »
« »
« »

Playstation 4 : "Orbis" Release Akhir Tahun 2013

    Banyaknya rumor seputar peluncuran Playstation 4 pada tahun 2013, telah membuat beberapa orang berusaha mencari tahu seperti apa spesifikasi Playstation 4 tersebut sebelum diluncurkan. "Orbis" merupakan kode nama dari PlayStation 4 yang disinyalir akan menggunakan GPU (Graphics Processing Unit) Southern Island dari AMD setelah seri yang sebelumnya menggunakan Nvidia RSX sebagai tenaga grafisnya.

Dari segi prosesor pun, Sony beralih menggunakan prosesor X64 buatan AMD dari yang sebelumnya prosesor Cell seperti yang digunakan pada PlayStation 3.

Akan tetapi belum diketahui apakah prosesor dan grafis akan digabungkan dalam satu chip Fusion atau terpisah menjadi 2 chip.

PlayStation 4 ini akan menggunakan Blu-ray drive yang lebih cepat dan lebih baru serta dibekali dengan hardisk. Dan belum ada rencana dari pihak Sony untuk mengganti hardisk dengan model Solid State drive.

Pihak Sony juga sedang mengembangkan teknik penguncian digital untuk akun PSN (PlayStation Network) guna memudahkan verifikasi akun pemain di PSN sebagai kepemilikian.

Sejumlah sumber membenarkan bahwa AMD adalah pemasok grafis untuk Playstation 4 Orbis. Tetapi kabar bahwa Sony meninggalkan prosesor Cell dan beralih ke prosesor X64 AMD merupakan sesuatu hal yang baru.

Seperti yang dikutip dari Techradar dan Fudzilla, menyebutkan bahwa PlayStation 4 Orbis ini akan diluncurkan pada tahun 2013. Dengan kisaran harga $600.

Belum ada tanggapan yang resmi dari pihak Sony terkait jadwal peluncuran dan spesifikasi PlayStation 4 Orbis. 

Berikut bocoran spesifikasi Playstation 4 :

PS4 Black and Blue

PS4 High Resolution

CPU
-4 core (2 core pairs) 3.2 GHz AMD x86 (Steamroller)
-Aggregate, 10x PS3 PPU performance
-512 KByte L2 per core pair
-64 bit pointers

GPU
-AMD R10x series GPU @ 800 MHz (Tahiti)
-Aggregate 10x RSX performance, 1.84 TFlops
-DX-11.5″
-Cheap branching
-18 compute units, focus on fine grained compute & tessellation

MEMORY
-2 GByte UMA, pushing for 4 GByte
-192 GByte/ sec non-coherent access for e.g. GPU
-12 GByte/ sec coherent access for CPU
-50% longer memory latency for CPU/ GPU compared to PC!!!
-DXT is lowest bpp texture compression format

MEDIA
-50 GByte BD drive
-PCAV, between 3.3 and 8x BD, most likely clamped to 6x
-Automatic background caching to HDD
-HDD SKU with at least 380 GByte
-Downloadable games

EXTRA HARDWARE
-Video encoder/ decoder
-Audio processing unit, ~200 concurrent MP3 streams
-HW zlib decompressor

Lihat informasi terkait PS4 “Orbis” to Support 4K Resolution <= Klik
Comments
2 Comments

2 comments :

  1. dari segi grafis seperti nya tidak jauh dari ps3

    oh iya gan,kunjungi balik dan folow balik blog saya yah

    http://andyarunner.blogspot.com/

    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok.. sipp gan!
      sudah saya follow tuh..
      terima kasih untuk kunjungannya.. :)

      Delete

Pengunjung/Pembaca yang Keren, Tampan, dan Cantik Selalu Meninggalkan Jejak :)

Tata Cara Berkomentar :

1. Tidak mengandung unsur Sara, Pornografi, atau melecehkan Ras, dkk.
2. Gunakan bahasa yang sopan serta tidak menghina.
3. Jangan melakukan SPAMMER.
4. Berikan KRITIK & SARAN Anda untuk artikel di atas.
5. Mohon untuk Tidak berkomentar menggunakan "Anonymous", gunakan komentar Facebook jika tidak mempunyai akun blog.